To view this notification widget you need to have JavaScript enabled. This notification widget was easily created with NotifySnack.
Find us on Google+ Sejarah SEA Games Pesta Olahraga Asia Tenggara
Custom Search

Sejarah SEA Games Pesta Olahraga Asia Tenggara


Sejarah SEA Games dilihat dari namanya tentu saja tidak lepas dari negara-negara anggotanya di Asia Tenggara.

SEA Games sendiri merupakan kepanjangan dari “South East Asian Games”. SEA Games adalah sebuah ajang olahraga yang selalu digelar setiap 2 tahun sekali di negara-negara Asia Tenggara.

Dan sesuai dengan namanya, peserta SEA Games adalah negara-negara yang berada di Asia Tenggara. --Sejarah SEA Games


Sejarah SEA Games Dan Negara Pesertanya


Berdasarkan keanggotaannya, pesta olahraga ini diikuti oleh 11 negara yang berada di Asia Tenggara. Berdasarkan tahun keanggotaan bergabungnya, negara-negara tersebut adalah:

  1. Myanmar (tahun 1959) 
  2. Laos (tahun 1959) 
  3. Vietnam (tahun 1959) 
  4. Kamboja (tahun 1959) 
  5. Thailand (tahun 1959) 
  6. Singapura (tahun 1959) 
  7. Malaysia (tahun 1959) 
  8. Indonesia (tahun 1977) 
  9. Brunei Darussalam (tahun 1977) 
  10. Filipina (tahun 1977) 
  11. Timor Leste (tahun 2003) 




Sejarah SEA Games Berawal Dari SEAP Games


Sejarah SEA Games pada mulanya berawal dari sebuah ajang olah raga bernama “Southeast Asian Peninsular Games” atau Pesta Olahraga Semenanjung Asia Tenggara yang disingkat dengan SEAP Games .

SEAP Games ini sendiri pertama kali dicetuskan idenya dengan tujuan untuk saling menjaga persatuan dan kesatuan antaraa negara-negara di Asia Tenggara. Ajang olahraga ini merupakan ide dari seorang wakil presiden pada Komite Olimpiade Thailand pada saat itu yang bernama Laung Sukhumnaipradit. Ide tersebut tercetus di bulan Mei tahun 1958 pada saat Asian Games ke-3 yang diadakan di negara Jepang, tepatnya di kota Tokyo.

Pada saat ajang Asia Games itulah para utusan dari beberapa negara di Semenanjung Asia Tenggara mengadakan sebuah pertemuan. Dan akhirnya pada pertemuan itulah kemudian mereka setuju untuk mengadakan sebuah pesta olahraga sendiri di kawasan Semenanjung Asia Tenggara.

Dari ide itu, terbentuklah sebuah ajang olahraga yang dinamai Pesta Olahraga Semenanjung Asia Tenggara (SEAP Games) yang akan diadakan 2 tahun sekali. Dan akhirnya diselenggarakanlah ajang Pesta Olahraga Semenanjung Asia Tenggara ini untuk pertama kalinya pada tahun 1959 di bulan Desember di kota Bangkok, Thailand.

SEAP Games pertama ini diikuti oleh beberapa negara seperti Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar, Laos, Malaysia, dan terakhir adalah Singapura. Negara-negara peserta SEAP Games ini memang adalah negara pelopor ajang olahraga ini. Singapura adalah negara terakhir yang menjadi anggota pada ajang ini.

Ajang olahraga ini diadakan dengan 12 cabang olahraga yang dilombakan. Selain SEAP Games pertama di Bangkok Thailand itu juga diikuti oleh lebih dari 500 atlit beserta seluruh panitia dari semua negara peserta. --Sejarah SEA Games


Sejarah SEA Games Setelah SEAP Games 


Ilustrasi Sejarah Sea GamesSejarah SEA Games - Sejak saat dibentuknya SEAP Games, pesta olahraga ini telah diselenggarakan sebanyak 8 kali. Dan pada saat diselenggarakannya SEAP Games ke-8 inilah para negara anggota mengadakan pertemuan untuk mempertimbangkan masuknya negara Filipina dan negara Indonesia sebagai anggota baru.

Dan akhirnya pada tahun 1977 disepakatilah kedua negara ini masuk menjadi anggota baru. Dan dengan masuknya negara Indonesia dan Filipina menjadi anggota secara resmi, lalu diputuskan pula untuk mengubah nama SEAP Games menjadi SEAGF atau “South East Asian Games Federation”.

Dan pada akhirnya beberapa waktu kemudian SEAGF berganti nama lagi menjadi SEA Games atau South East Asian Games (Pesta Olahraga Asia Tenggara)

Pada saat SEA Games ke-10 yang diadakan di kota Jakarta Indonesia, negara Brunei Darussalam secara resmi bergabung menjadi anggota baru. Dan pada akhirnya saat diselenggarakannya SEA Games yang ke-22 di kota Hanoi Vietnam, negara Timor Leste secara resmi juga bergabung sebagai anggota termuda SEA Games. --Sejarah SEA Games


Sejarah SEA Games Masa Sekarang 


Sejarah SEA Games cukup panjang, dengan beberapa kali mendapatkan anggota baru dan beberapa kali berganti nama. Pada saat ini peraturan pertandingan di SEA Games diatur oleh sebuah federasi yaitu South East Asian Games Federasion. Selain itu juga secara langsung diawasi oleh International Olympic Federation (IOC) dan juga Olympic Council of Asia (OCA).

Sampai dengan tahun 2011 Pesta Olahraga Asia Tenggara telah diadakan sebanyak 26 kali. Ajang SEA Games yang ke-25 yang diselenggarakan di kota Vientane, Laos merupakan pesta olahraga yang spesial. Ini karena pada ajang SEA Games tahun 2009 itu juga merupakan ulang tahun ke-50 dari ajang olahraga SEA Games sejak diadakan untuk pertama kalinya di Bangkok Thailand pada tahun 1959.

Dan sampai dengan saat ini pesta olahraga SEA Games yang terakhir kali diadakan di 2 kota di Indonesia, yaitu Jakarta dan Palembang pada tahun 2011. Sedangkan SEA Games untuk tahun 2013 akan diadakan di negara Myanmar di kota Naypyidaw, tahun 2015 di negara Singapura, tahun 2017 di negara Malaysia, dan tahun 2019 di negara Brunei Darussalam. Sejarah SEA Games yang panjang ini tentunya masih akan terus berkembang semakin maju dan semakin baik dari tahun ke tahun. --Sejarah SEA Games--

**Sejarah ASEAN

Incoming search terms :

sejarah sea gamessea gamesgambar sea gamesjadwal sea gamesperolehan medali sea gamescabang olahraga sea gameslogo sea gamespengertian sea gamessea games renanglambang sea games

No comments: